Cara Membuat Tikar Dari Sisa Bungkus Kopi

155 acar membuat tikar dri bugnkus kpi

Salah satu hasil kerajinan tangan yang unik dan masih banyak digunakan hingga sekarang adalah tikat, ini merupakan sebuah benda yang pastinya sangat dibutuhkan di dalam rumah dan menjadi alas yang bisa menghangatkan ketika harus duduk dan tiduran di lantai. Selain memiliki fungsi yang sangat berguna sebagai alas baik untuk duduk maupun tiduran, tikar juga bisa menjadi hiasan yang bagus untuk interior rumah dengan berbagai motif yang dimilikinya.

Harus diakui bahwa pada beberapa waktu sebelumnya tikar memang sempat mulai ditinggalkan dan tergantikan oleh karpet, namun karena adanya nilai kretifitas yang dituangkan melalui media tikar ini maka saat ini tikar kembali mulai banyak dilirik karena berbagai motif yang ditawarkannya.

Namun tidak hanya sebatas motifnya saja, tikar juga saat ini sudah mulai banyak mengggunakan bahan baku yang ramah lingkungan dan beberapa di antaranya bahkan telah menggunakan hasil limbah olahan yang tentunya akan sangat ramah baik lingkungan maupun pengguna tikar itu sendiri, salah satu conbtohnya adalah tiokar yang terbuat dari sisa bungkus kemasan.

155 tikar dari bungkus kopi

Meski mungkin terlihat cukup rumit dalam pembuatannya, namun membuat tikar dari bahan bekas seperti ini sebetulnya bisa saja anda buat sendiri, contohnya seperti penggunaan bekas bungkus minuman saset atau jananan yang lainnya.

Membuat tiker dari sisa bungkus kopi mungkin akan menjadi yang paling mudah untuk anda coba., karena selain bahan baku utamanya yang mudah didapat tentu saja ukurannya juga sesuai untuk dibuatkan anyaman yang menghasilkan tikar. Lalu bagaimana cara membuatnya? Nah berikut ini adalah beberapa langkah dalam Membuat tiker dari sisa bungkus kopi yang bisa anda coba sendiri di rumah.

Langkah langkah membuat tikar dari sisa bungkus kopi

  • Langkah yang pertama sudah pasti adalah mengumpulkan terlebih dahulu bahan bakunya, untuk bungkus bekas kopi ini anda bisa dengan mudah menemukannya di dapur atau jika dirasa masih kurang maka anda bisa dengan mudah mendapatkannya dari warung kopi di dekat rumah anda. namun bagi anda yang ingin membuat tikar menjadi lebih berwarna, anda juga bisa menggunakan beberapa bungkus bekas minuman saset lainnya agar menghasilkaan tikar dengan motif yang lebih ramai. Kumpulkan bungkus tersebut sebanyak – banyaknya agar nanti anda bisa lebih mudah ketika mengerjakannya.
  • Setelah dirasa cukup banyak, mulailah menggunting beberapa bagian dari bungkus bekas tersebut yang tidak terpakail. Gunakanlah gunting yang masih tajam untuk mempermudah pengerjaan ini dan buatlah semua bungkus memiliki ukuran yang hampir sama pada setiap guntingannya.

155 langkah langkah membuat tikar dari bungkus kopi

  •  Jika dirasa sudah cukup rapi dan ukuran semua bungkus bekas kopi tersebut sudah sama, maka sekarang waktunya untuk mencuci bungkus bekas tersebut. untuk mencucinya anda bisa menggunakan sabun cuci piring biasa, jika dirasa kurang bersih maka anda bisa merendamnya terlebih dahulu selama beberapa jam agar sabun bisa masuk ke sela – sela setiap bungkus bekas kopi yang telah anda gunting tadi. Jangan lupa untuk menjemurnya bila dirasa sudah cukup bersih dan biarkan hingga benar – benar kering.
  •  Bila semua bungkus bekas kopi saset tadi sudah benar – benar kering maka sekarang anda bisa melipat semua bungkus tersebut kecil – kecil, di sini memang cukup memerlukan kesabaran karena lipatan tersebut harus rapi dan berukuran sama.
  • Langkah terakhir, anyamlah semua bungkus yang sudah anda lipat tadi dan posisikan bungkus tadi secara acak agar nantinya menghasilkan motif yang ramai.
Spread the love